Pantangan yang Wajib DiHindari Ibu Hamil

Untuk ibu hamil menjaga kesehatan dirinya dan juga calon bayinya merupakan prioritas utama. Oleh karena itu Bunda juga harus tahu apa saja yang diperbolehkan untuk ibu hamil dan juga pantangan yang tidak boleh dilakukan untuk ibu hamil mulai dari trimester pertama sampai melahirkan. Banyak sekali pantangan kehamilan yang beredar di masyarakat dan belum tentu kebenaranya, dan faktanya. Pantangan ibu hamil   sebenarnya bertujuan agar Ibu Hamil berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan keamanannya. Nah Bunda, kali ini kita akan membahas apa saja pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil, berikut penjelasannya:

  1. Sayuran dan buah yang tidak dicuci dengan bersih

Ibu hamil sangat membutuhkan makanan yang mengandung asam folat. Nutrisi ini dapat diperoleh dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan, misalnya saja sayuran yang memiliki daun hijau tua, asparagus, brokoli, alpukat, kecambah, bit, wortel, tomat, dan masih banyak lagi. Ketika akan mengkonsumsi buah dan sayur, cucilah buah dan sayur tersebut dengan benar supaya terhindar dari toksoplasma. Toksoplasma merupakan racun yang mencemari tanah untuk menanam buah atau sayuran.

  1. Hindari mengkonsumsi buah yang tidak boleh untuk ibu hamil

Buah yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil diantaranya yaitu durian, nangka, nanas, pepaya muda, anggur, cempedak, dan buah kepel. Menurut medis, buah-buah tersebut bisa membahayakan ibu hamil, jika dikonsumsi ketika trimester pertama bisa menimbulkan keguguran.

  1. Makanan yang berpengawet

Mengkonsumsi makanan yang memiliki pengawet tidak dianjurkan untuk ibu hamil, karena berpengaruh pada otak janin. Ketika bunda mengandung, otak bayi akan mengalami perkembangan selama kehamilan. Jika Bunda mengkonsumsi makanan yang berpengawet, hal ini bisa mempengaruhi keterlambatan perkembangan otak janin. Beberapa contoh makanan yang berpengawet yaitu mie instan, sarden, kornet, semua makanan yang dikalengkan, dan lain sebagainya.

Bunda harus lebuh berhati-hati dalam konsumsi makanan ketika sedang hamil. Mengetahui beberapa makanan pantangan untuk ibu hamil sangat penting bagi anda. Jalani pola hidup sehat dan berolahraga ringan selama kehamilan untuk menjaga stamina tetap fit untuk persiapan dimasa persalinan nantinya.